Wednesday 27 November 2013

Linux: Menginstal Linux Ubuntu 13.04 di VirtualBox

Tutorial kali ini adalah untuk memenuhi tugas Maintenance.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara instalasi OS Linux Ubuntu 13.04 Raring Ringtail di VirtualBox. Langsung aja, pertama-tama buka program Oracle VM VirtualBox.


Kemudian klik New. Akan muncul dialog Create New Virtual Machine.


Klik Next, akan masuk ke menu VM Name and OS Type, masukkan nama Virtual Machine yang akan kita buat dan masukkan tipe OS dan versi yang akan digunakan, disini saya memberi nama Virtual Machine-nya denga nama TI1220214_ErikGunawan dan tipe OS Linux versi Ubuntu.


Klik Next, menu selanjutnya adalah Memory, masukkan berapa banyak memori yang akan digunakan pada Virtual Box. Disini saya mengalokasikan memori untuk Virtual Machine sebesar 1024 MB.


Klik Next, menu selanjutnya adalah Virtual Hard Disk¸ jika belum pernah membuat virtual hard disk, kita pilih Create new hard disk.


Klik Next, akan muncul wizard baru, yaitu Create New Virtual Disk.


Klik Next, kita akan masuk ke menu Hard Disk Storage Type. Secara default Storage Type yang dipilih adalah Dinamically expanding storage.


Klik Next, menu selanjutnya adalah Virtual Disk Location and Size. Atur lokasi dimana virtual disk akan disimpan dan ukuran virtual disk tersebut. Disini saya menempatkan lokasi virtual disk di E:\VirtualBox\Linux.vdi, Linux.vdi adalah nama dari virtual disk yang kita buat, Anda bisa mengubah nama virtual disknya sesuai keinginan. Kemudian untuk ukuran virtual disk saya beri ukuran sebesar 8 GB.


Klik Next, selanjutnya adalah menu Summary, yaitu ringkasan dari langkah-langkah yang telah kita lewati tadi.


Klik Finish. Kita akan kembali ke wizard Create New Virtual Machine. Menu ini adalah Summary, yaitu ringkasan dari rangkaian proses yang telah kita lewati.


Klik Finish. Selanjutnya kita akan kembali ke tampilan awal Virtual Box. Akan muncul virtual machine yang telah kita buat. Untuk menjalankan virtual machine, klik Start.


 
Virtual Machine akan muncul. Kemudian saat pertama kali dijalankan, akan muncul First Run Wizard.


Klik Next, akan masuk ke menu Select Installation Media. Masukkan Disk Image sistem operasi. Format filenya dapat berupa *.dmg, *.iso atau *.cdr. Disini saya memasukkan file ISO Linux Ubuntu 13.04.


Klik Next, akan masuk ke menu Summary, yaitu ringkasan dari proses sebelumnya.


Klik Finish. Virtual Machine akan booting dengan OS yang telah kita pilih.


Kemudian akan masuk ke proses instalasi Ubuntu. Langkah pertama adalah pemilihan bahasa dan pilihan untuk Try Ubuntu, yaitu mencoba Ubuntu tanpa menginstal ke hard disk, atau Install Ubuntu, yaitu menginstal Ubuntu. Kita pilih bahasa English (atau bahasa lainnya yang Anda inginkan) dan Install Ubuntu.


Langkah selanjutnya adalah Preparing to Install Ubuntu. Jika tidak terhubung ke internet, uncheck Download updates while installing. Klik Continue.


Langkah selanjutnya adalah Installation type, pilihan default adalah Erase disk and install Ubuntu. Klik Install Now.


Langkah selanjutnya adalah Where are you?, yaitu memilih lokasi Anda. Klik Continue.


Langkah selanjutnya adalah Keyboard layout, yaitu pengaturan bahasa pada keyboard. Langsung aja klik Continue.


Langkah selanjutnya adalah Who are you?. Pada langkah ini Anda diminta untuk mengisi username, computer name dan password. Klik Continue.


Selanjutnya sistem akan mulai menginstal. Tunggu proses instal selesai.



Setelah instalasi selesai, akan muncul dialog Installation Complete. Kita akan diminta untuk merestart sistem. Klik Restart Now.


Setelah booting, kita akan masuk ke halaman Login, silahkan masukkan password yang sudah Anda masukkan pada proses instalasi sebelumnya.


Ketika Login sukses, kita akan masuk ke Halaman awal Ubuntu. Selamat, Anda telah berhasil menginstal Ubuntu :D.


Mudah kan?
Sekian tutorial saya kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Jangan lupa tinggalkan komentar dan saran.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment