Wednesday 14 May 2014

Mendapatkan API Key Google Maps Android v2

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara mendapatkan API Key Google Maps Android v2.  Sebelumnya buat yang belum tau, API (Application Programming Interface) merupakan sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi. -wikipedia-.

Nah kita membutuhkan API Key Google Maps Android ini agar bisa terkoneksi dengan Google Maps dan menampilkannya pada aplikasi android yang kita buat. Perlu diketahui, API Key pada setiap komputer itu berbeda-beda.

Langsung aja, pertama-tama kita harus mempunyai file debug.keystore, biasanya terletak di "C:\Users\USERPROFILE\.android"


Kemudian buka Command Prompt, jalankan sebagai Administrator.

Ketikkan kode berikut :
keytool -list -v -keystore "%USERPROFILE%\.android\debug.keystore" -alias androiddebugkey -storepass android -keypass android

Oya, sebelumnya agar kode di atas bisa langsung digunakan tanpa harus masuk ke path java, kita harus mensetting classpath pada java terlebih dahulu. Untuk tutorialnya dapat dilihat di sini atau Setting Classpath Java.

Setelah mengetikkan kode tersebut kemudian Enter, maka kita akan mendapatkan Certificate Fingerprints, kemudian copy SHA1 Fingerprint.


Buka browser, login ke akun gmail kita, kemudian masuk ke halaman https://console.developers.google.com.



Jika belum pernah membuat project, silahkan klik CREATE PROJECT.
Kemudian pilih projectnya,  pilih APIs & Auth >> APIs.



Kemudian akan muncul list berbagai API yang tersedia. Pada bagian Google Maps Android API v2, klik tombol OFF hingga berubah menjadi ON.
Kemudian pilih tab APIs & Auth >> Credentials, akan muncul halaman berikut:


Klik CREATE NEW KEY.


Pilih Android Key.


Kemudian pastekan SHA1 Fingerprint yang telah kita dapat tadi, kemudian masukkan juga package aplikasi yang kita buat, pisahkan dengan tanda titik koma (;).

Contoh:

88:92:52:97:3B:27:7D:FA:C9:22:71:B1:14:84:5A:22:7A:B6:47:EC;com.androidproject.ergun.maps


Kemudian klik Create.



Maka kita akan mendapatkan Key for Android Applications yang berisi informasi tentang API key, Android applications, Activation date, dan Activated by.

Sekarang kita tinggal menggunakan API key tersebut pada aplikasi android yang kita buat. :D

Sekian tutorial dari saya.
Semoga bermanfaat.


1 comment:

  1. Makasih banyak mas tutorialnya.

    Sangat membantu :)

    Keep Writing!

    ReplyDelete