Thursday 2 May 2013

Java: Mengubah Icon pada Aplikasi Java Desktop

Setelah sekian lama tidak membuka blog, akhirnya saya kembali lagi untuk mengupdate blog ini. Sebagai pembukaan, kali ini saya akan berbagi tutorial java yang amat sangat sederhana, yaitu cara mengubah icon pada aplikasi java desktop yang dibuat. Mungkin teman-teman sudah pada tahu caranya karena cara ini amat sangat mudah dan newbie sekali, jadi buat yang sudah master mohon maaf kalau tutorialnya membosankan. :D

Langsung aja, pertama buat project baru, disini saya menggunakan Netbeans IDE 7.3, teman-teman bisa membuat menggunakan Eclipse, JCreator, ataupun notepad. :D

Netbeans IDE 7.3
Halaman Utama Netbeans IDE 7.
1. Beri nama project, saya memberi nama projectnya ubahIconStatis.
2. Kemudian tambahkan package baru, yaitu ui dan images.
3. Copykan gambar yang ingin dijadikan icon aplikasi ke package images.
4. Kemudian buat Frame baru di package ui. Disini saya memberi nama Frame dengan frmUtama.
default code frmUtama
5. Run project, aplikasi akan tampil seperti berikut :
default  icon
6. Pada saat di run, aplikasi memiliki icon default java, jadi untuk mengubahnya, tambahkan kode berikut :
code ubah icon
Keterangan :
ImageIcon imageicon; : Membuat object ImageIcon dengan nama imageicon, imageicon masih bernilai null.

imageicon = new ImageIcon("src/images/logo.jpg"); : Membuat object ImageIcon baru dengan     memasukkan path / lokasi gambar yang akan dijadikan icon.

setIconImage(imageicon.getImage()); : Mengeset IconImage JFrame

7. Ketika project dirun, maka aplikasi akan tampil sebagai berikut :

icon baru
Icon sudah berubah, mudahkan ? :D
Ini hanya tutorial yang amat sangat sederhana, jadi mohon maaf kalau banyak kekurangan. Tunggu tutorial saya selanjutnya. Terima kasih. :D

Untuk download contoh project di atas, klik disini atau ubahIconStatis

Semoga bermanfaat.

3 comments: